Sayuran Organik VS Sayuran Unorganik


IMG00149-20130115-1254Secara kasat mata mungkin tidak terdapat perbedaan yang mencolok antara sayuran organik dan yang bukan namun bila kita teliti lebih lanjut banyak perbedaan dari proses penanam sayuran organik ini yang dapat membuat tubuh kita jauh lebih sehat lagi, alasan tersebut diantaranya adalah karena :

1. Sayuran organik tidak  menggunakan pupuk buatan atau kimia

Pada umumnya petani untuk menanam sayuran banyak menggunakan tambahan pupuk buatan seperti Urea, KCl dan lainnya guna membantu pertumbuhan tanaman. 

Namun pada penanaman sayuran organik sama sekali tidak menggunakan pupuk buatan.  Yang digunakan adalah pupuk yang berasal dari alam, seperti kompos dan pupuk kandang yang berasal dari  kotoran hewan.

2. Sayuran organik tidak menggunakan pestisida buatan atau kimia

Sayuran organik ini dalam proses penanamannya tidak disemprot dengan pestisida seperti insektisida, fungisida maupun herbisida kimia lainnya. 

Untuk menanggulangi hama dan penyakit yang datang, biasanya pertanian organik ini dibuat rotasi atau pergantian tanaman dalam satu area dan waktu tertentu, atau menggunakan predator dari hama tersebut.  Sering pula menggunakan beberapa jenis tanaman herbal seperti basil sebagai benteng yang mengelilingi tanaman sayuran organik didalamnya. Cara lainnya adalah menggunakan screen net seperti dalam green house sehingga hama tidak dapat masuk.

Hal – hal tersebutlah yang membuat sayuran organik berbeda dari sayuran biasa dan tentunya membuat tubuh kita lebih sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s